Sabtu, Maret 12, 2011

IA MEREKAM PUISI KEHIDUPAN 2


EPISODE 2
Sambungan____
            Di akhir 1930-an Cartier-Brenson tidak lagi sekedar merekam keanehan hidup. Ia juga merekam pergelakan sosial di eropa. Setelah belajar sinematografi dari sutradara jean renoir. Ia membuat film dokumenter Victory de la vie yang diilhami perang saudara di spanyol. Pada 1940, hitler menyerbu prancis dan Cartier-Brenson menjadi tawanan perang.
            Setelah dua kali gagal melarikan diri, ia berhasil lolos dan bergabung dengan pejuang bawah tanah perancis. Salah satu tugasnya, ketika pasukan sekutu datang membebaskan Paris, adalah memotret sidang pengadilan para pengkhianat dan pertempuran di jalanan. Disana, Cartier-Brenson bertemu sahabat lamanya, David Seymour dan Robert Capa, fotografer perang tersohor. Tiga serangkai itulah pendiri Magnum. Kantor berita foto yang kini terkenal karena liputannya tentang perjuangan manusia di berbagai negara.
            Perjuangan itu pula yang membawa Carier-Brenson ke asia selama tiga tahun. Pada tahun 1949, ia singgah ke indonesia untuk merekam penyerahan kedaulatan oleh belanda kepada republik Indonesia. Matanya  yang tajam dan hatinya yang simpatik pada wong cilik tak Cuma sibuk dengan “sejarah” Leica Cartier Brenson membedah manusia indonesia. Lensanya merekam geriliyawan TNI yang turun dari gunung dan bertanya:sudah berakhirkah perjuangannya? Lalu ia hinggap di wajah bung karno, dan bertanya lagi: bisakah pemimpin karismatik ini mempersatukan bangsa yang ratusan tahun terpecah belah?
            Indonesia mempunyai tempat khusus di hati Cartier-Brenson. Bukan Cuma karena Ratna, istrinya – yang penari dan penyair adalah orang Indonesia. Juga karena sebagai seniman dan wartawan yang berusaha memahami rahasia kehidupan, Cartier Brenson berpihak kepada orang yang tertindas dan lemah. Diwajah manusia INDONESIA, Ia merekam wajah semua Indonesia, ia menyaksikan pergulatan semua manusia untuk merdeka.                                                                                                                 

                                                                                                                                                    SELESAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar